BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Senin, 28 Maret 2011

Karena Hati Bicara -PARTIV-

Semua terlihat sempurna. Gaun putih itu. Buket-buket bunga yang akan segar selama dua minggu penuh. Orang-orang lalu lalang dengan bahagia. Tak ada satu pun wajah sedih,kecewa. Yang ada hanya ada tawa bahagia dimana-mana.

Namun, sayangnya tidak dengan Rifha dan Rafi. Rifha tampak selalu tegang. Semua orang menganggapnya gugup menjelang pesta pertunangannya. Rafi terlalu berantakan untuk dibilang bahagia. Matanya cekung, senyum ramah seolah hilang dari bibirnya. Ia terlalu sering mengurung diri di kamar. Tidak enak badan katanya, padahal ia menghabiskan begitu banyak tissue untuk menangis.

“ Kamu keliatan cape banget sayang? “ Tanya Hikmat empat hari menjelang pertunangan mereka.

Rifha mengambil nafas panjang, “ Iya mas, aku kecapean “ Rifha terdiam “ Mungkin harus banyak istirahat lagi “

“ Kamu.. yakin pada pertunangan ini ? “ Tanya Hikmat tiba-tiba.

“ Apa ? ” Rifha seolah tak percaya apa yang didengarnya. “ Maksud mas? “ tanyanya. Hikmat buru-buru menjawab.

“ Ah, tidak. Lupakan. Ayo pulang “ Hikmat mengalihkan pembicaraan. Rifha hanya terdiam dan mengikuti calon suaminya itu. Dalam hatinya timbul sebuah pertanyaan. Mengapa Hikmat mengatakan hal tadi, seolah ia ragu aku ingin bertunangan dengannya? Batin Rifha.



***



Jam menunjukan pukul 00.45. Rifha masih terjaga, playlist tak henti-hentinya mendendangkan lagu Your Call kepunyaan Secondhand Serenade. Saat hapenya bergetar tanda sms masuk. Sebuah pesan singkat yang menggetarkan hatinya.

I was born to tell you I love you :’)

And I am torn to do what I have to

I was born to tell you I love you

And I am torn to do what I have to, to make you mine

Stay with me tonight

rafi

+6287772540***

Jantungnya hampir keluar dari tempatnya saat membaca sms tersebut. Rafi. Ia ternyata masih menyukai lagu ini.

Tanpa terasa matanya kembali panas. Cairan bening itu tampak mengalir sempurna di sudut-sudut matanya. Menangis lagi malam ini. Sampai kapan aku harus merasakan dilemma ini? Sampai kapan aku harus memendam rasa pada orang yang memutuskan cintanya padaku. Apa dia tidak pernah merasa bersalah? Bukankah ia yang menginginkan perpisahan ini? Tapi mengapa ia malah menginginkan aku kembali? Fikiran-fikiran itu kembali menggelayuti otak kecil Rifha.



***



Januari, 2009



“ Kamu jangan lupa makan. Pokoknya mamah ngga mau kamu sampe sakit. Kalo ada apa-apa harus langsung telvon. Jangan nakal. Jangan lupa solat. Dan jangan lupa messange mamah tiap hari oke sayang “ ucap Ana, mamah Rafi.

“ Ih, si mamah. Anak kita usah besar. Pasti bisa jaga diri. Tenang aja “ ucap sang suami. Papah Rafi.

“ Iya, mah pah. Tenang aja. Rafi kan sama Hikmat. Kalo ada apa-apa kita pasti langsung hubungi mamah sama papah. “ jawab Hikmat.

Rafi hanya terseyum dan mengangguk kecil. Senyuman dan anggukan kecil tak mampu menyembunyikan rasa cemasnya. Apa gadis itu tidak akan datang? Apa dia lupa aku berangkat sekarang?

“ Ayo Rafi, pesawat akan berangkat sekarang “ ucap Hikmat sambil merangkul pundak adiknya itu. Rafi tak sempat berkata-kata lagi. Ia hanya berjalan perlahan dan mengikuti kakaknya. Ia tahu, gadis itu akan terlalu sedih untuk melihatnya pergi.

Aku akan kembali setelah aku menamatkan semua pendidikanku. Saat aku bisa meraih gelar cumlaude. Pasti aku akan kembali dan memberikan gelar itu padamu, gadisku. Dengarlah janjiku. Aku pasti kembali, hati kecil Rafi berbicara.

Ditempat lain…

“ Dia tega. Dia tak memberitahu aku. Masa aku harus tahu dari kakaknya? “ ucap Rifha terisak-isak.

“ Mungkin dia tidak ingin membuatmu menangis “ jawab Iqbal menenangkan. “ Eh tunggu, “ kata Yusril. Wajahnya tampak memikirkan sesuatu.

“ Apa? “ Tanya Rifha. Matanya masih sembab karena menangis.

“ Bukankah, Rafi selalu memberimu kabar lewat kami? Tapi kenapa kali ini dia malah memberikannya kepada Hikmat? “ kata Yusril. Semua bertatapan.

Yusril, Iqbal dan Rifha siang itu bertemu, tadinya untuk melepas kepergian Rafi. Sayangnya, Rafi justru mengirim berita lewat Hikmat.

“ Mungkin benar, dia tak ingin membuatku menangis. Sudahlah. Kalau dia sudah sampai di Autralia, pasti dia akan menghubungiku. “ ujar Rifha menenangkan diri sendiri.

“ Ya sudah, kalau begitu. Semoga tidak ada apa-apa. “ tambah Iqbal.



***



I hate this song itu mengalun lembut pada speaker mobil Vios hitam itu. Seseorang tampak resah dengan mengendarainya. “ Aku harus menyakininya lagi. Aku akan bisa. Rifha lihat saja. Kau pasti akan menjadi milikku sendiri. “ ucap Rafi sambil tertatahan.

Wajah cantik itu, tampak sayu. Matanya sembab dan langkahnya gontai. Kenapa kau terus menggodaku? Aku benci dengan bayangan-bayangan kau yang terus menghantuiku. Batin itu merintih sedih.

Rifha melangkah dengan gontai. Disaat ia tengah berjalan ditrotoar, sebuah Vios hitam menghampirinya.

“ Rafi “ ucap Rifha tertahan. Jendela kaca itu terbuka, benar saja dia Rafi. Rifha menatap Rafi lama. Matanya penuh dengan pertanyaan. “ Ada apa kau kemari ? “

“ Aku ingin bertemu denganmu “ seolah Rafi bisa membaca tatapan mata Rifha.

“ Rafi, sudah aku katakan. Tidak ada yang akan berubah, beberapa hari lagi aku akan menjadi tunangan Hikmat “ nafasnya terasa sesak.

“ Ada yang ingin aku bicarakan “ kata Rafi dingin. Tuhan, mengapa dia menjadi begitu dingin padaku? Apa karena sikapku yang kemarin? Batin Rifha.

“ Naik “ perintah Rafi. Tangan Rifha masih membeku.

“ Cepat naik, biasanya aku tak perlu dua kali untuk menyuruhmu melakukan sesuatu “ kemudian Rafi tersenyum hangat.

Akhirnya dengan tubuh kaku Rifha menaiki Vios itu. Semerbak harum mawar memenuhi rongga hidungnya.

Pada dashboard mobil tergeletak sekitarr 12 kuntum mawar merah yang masih sangat segar. Tangan Rifha tergoda untuk menyentuhnya. Tangannya tak pernah sanggup diam bila melihat mawar, walau pun hanya satu tangkai. Apa lagi yang ia lihat ada 12 tangkai mawar yang sangat menawan. Dalam mobil itu ia hanya mampu menghirup udara mawar.

“ Kamu masih menyukai mawar… “ Rafi mengguman, namun cukup terdengar kencang ditelingan Rifha.

“ Aku memang selalu menyukainya, tidak akan pernah berubah… “ kata Rifha menggigit bibirnya. “ Dan itu tandanya begitu pula cintamu, padaku “ Rafi menambahkan.

Rifha tersentak, itulah kata-kata yang sesungguhnya ingin ia ucapkan kepada Rafi.

“ Maksudmu? “

“ Berhentilah membodohi dirimu sendiri, harus sampai kapan kau begini? “ Rafi tiba-tiba emosi.

Rifha mengkeret dikursinya, “ Aku tidak sedang membodohi diriku sendiri, justru kau yang seperti itu “ Rifha menjawab takut-takut pertanyaan Rafi.

Rafi mendelik, bola matanya berputar. “ Kau serius? “, “ Aku membodohi diriku? Ayolah Rifha kita akhiri permainan ini!! “ Rafi memohon.

Rifha terdiam, tangannya menggenggam mawar-mawar yang Rafi bawa, “ Aku…. “

Rafi masih menunggu, ayolah katakan… batin Rafi.

“ Aku, aku akan bertunangan dank au harus tahu itu Rafi. Mungkin benar aku mencintaimu, tapi aku tetap tak bisa “, deg… kata-kata itu melenyapkan semua harapan Rafi, “ Maksudmu ? “ Rafi masih tak mengerti.

“ Aku… tak bisa, aku dan Mas Hikmat sudah punya komitmen “

Rafi dan Rifha sama – sama terdiam, mereka tenggelam dalam fikirannya masing-masing.

“ Lagi pula, “ Rifha memecah kesunyian, “ Kau yang menginginkan hubungan ini berakhir…. “

Rafi tersentak, tidak mengerti, tatapannya penuh tanya. “ Ya, kau yang menginginkan hubungan ini berakhir tujuh tahun lalu bukan? “ Rifha seolah-olah mendapat kekuatan untuk berbicara.

Rafi hanya terdiam, dalam hatinya muncul berbagai macam pertanyaan, ada apa dengan ini semua.

“ Sudah sampai, aku akan turun. Terimakasih untuk tumpangannya, calon adik iparku “ Rifha sengaja menekankan kata-kata itu pada Rafi. Rafi hanya terbengong-bengong.

Rifha turun dengan menahan air mata yang nyaris tak terbendung, tangannya tetap menggenggam satu lusin mawar itu.

Rafi masih tidak mengerti, aku harus mencari tahu jawabannya. Mengapa bisa begini ?, sebuah suara menghantam pikiran Rafi.

0 komentar: