BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Rabu, 06 April 2011

Mimpi, Cinta dan Harapan…*PART I

Buat kamu sumber motivasi, sumber mimpi-mimpi nggak pasti dan semua harapan yang tumbuh dalam hati. Thank’s buat motivasi abadi dan mimpi-mimpi basi yang udah mampu membakar jiwaku :D
Buat Mamah, my best diary!! Love You 
Buat semua yang udah pernah menyentuh hidupku dengan tinta warna-warninya..

“ Cek ulang namanya!! Masa nama saya nggak ada si? “ aku cemberut, benar-benar kesal kali ini. Masa nggak lulus? Batinku.
“ Nggak ada, Miss “ Litha memandangku dengan lemas, “ Kita gagal, nggak masuk 400 besar! “ aku langsung tertunduk, lemas dan marah!!
“ Gua nggak masuk 400 besar? Pasti gara matematika! Sumpah Cuma pelajaran itu aja yang bikin gua nggak masuk! Gua yakin “ aku mulai menangis.
“ Tenang Miss, hmmpph… “ Litha menghembuskan nafasnya dalam-daram. Berat!
Kali ini terjatuh, aku harus bangkit, pasti akan jatuh lagi. Bangun lagi, terhempas lagi dan bisa! Aku harus tegar!
“ Ada nama Lingga Aji Adhiswara? “ tanyaku dalam isakan pahit.
“ Sebentar, “ Litha buru-buru mengetikan sebuah nama.
Anggukan kecil Alitha membuat aku semakin lemas. “ Dia urutan 282. Tapi, predikatnya excellent! “ Litha berseru.
Aku hanya terdiam, menyeka air mata yang nyaris menenggelamkan mataku dalam memar. Aku tahu, lelaki itu pasti akan masuk! Dia terlalu luar biasa untuk sekolah ditempat biasa.
Dengan mata agak sembab aku masuk ke rumah. Mamah menyambutku dengan muka kebingungan.
“ Kenapa, Neng? “ mamah menyambutku.
Aku langsung memeluk mamah. Menangis. Tak kuat sendiri. Aku butuh sosok lembut, memelukku. Beliau, mamahku.
“ Kenapa, sayang? “ Tanya mamah menghapus air mataku.
Aku terdiam, takut! “ Neng, neng nggak lulus tes masuk BIOS “ kataku. Sumpah, itu pukulan terberat dalam hidupku. Aku menangis sejadi-jadinya.
Mamah menatapku lembut. “ Neng, nggak semua yang kita mau tercapai . mungkin itu bukan tempat yang baik buat neng. Meskipun menurut neng itu adalah tempat terbaik.”
Tangisanku makin kencang, sumpah aku ingin sekali masuk BIOS ‘ Best In Our Sociality ‘ sekolah paling bergengsi.
Setelah selesai aku bertenang-tenang ria dengan mamah, aku masuk ke kamar. Diam, tak menangis tapi tatapanku kosong. Aku tatap dua kura-kura yang ada dimeja belajar. Kamu berhasil. Langkah pertama kamu berhasil. Sukses.
Aku tahu, kamu sudah berusaha. Aku yakin kamu bisa. Tapi, tapi bagaimana dengan aku? Sementara aku pun punya mimpi seperti kamu.
Apa Tuhan akan mendengar rintihanku hari ini? Aku, aku merindukanmu. Aku rindu. Aku mau tatap hangat itu. Batinku berceloteh dengan lirih.
Lingga Aji Adhiswara. Lihat aku disini. Aku pasti bisa. Mengejar mimpi kita. JEPANG!

“ Nem kamu… “ Bu Ika melihat nilai nemku.
Aku berharap-harap cemas. Tak mungkin nemku kurang dari 30. Aku sudah memantapkan perkiraan. Akan rata-rata 7.5 untuk semua mata pelajaran.
Bu Ika menatapku sekilas, aku tahu Ia membaca tatapan mataku yang kosong. Ia tahu, aku baru saja gagal masuk sekolah yang aku inginkan.
Hmm… hati-hati sekali,Bu! Pikiranku berkata. “ Nem kamu, 26.75 “. Plak! Aku mundur perlangkah. Tatapanku terasa terhalang. Mataku panas. Rasanya seperti ada godam yang menusuk hatiku.
“ Du..dua enam..? “ aku melihat Bu Ika. Tatapan tak percaya.
Bu Ika hanya mengangguk lemah. Aku?
Aku mundur beberapa langkah lagi, badanku terasa berat. Kepalaku terasa pusing, mataku berair. Tiba-tiba semua terasa gelap. Aku diam. Terjatuh.
Aku tak tahu berapa lama aku tak sadarkan diri. Yang jelas saat aku terbangun. Tangan kiriku terasa linu. Infus!. Aku menoleh kekanan kekiri. Sahabatku, Litha tengah membaca majalah. Mamah tengah berbicara dengan seseorang diluar.
“ Alitha? “ ah, aku benci mendengar suaraku sendiri. Lemah.
Litha memandangku, lantas menangis. Ia memegang tanganku. Pegangan lembut seorang sahabat. “ Tau nggak? Lu tuh berhasil bikin gua kena serangan autis ngedadak. Lu berhasil bikin gua kolaps duluan. Gua kira, lu kena serangan jantung! “ Litha menangis sambil memegang tanganku.
Mamah masuk dengan muka seperti mayat hidup. Mamah, maafin neng ya. Neng udah bikin mamah khawatir, hatiku berkata lembut.
“ Sayang? “ mamah memandangku hati-hati. Tampaknya dimataku masih ada rasa shock.
“ Ya? “ aku membalas tatapan mamah. Berusaha tegar. Aku kuat! Aku berusaha menguatkan diriku sendiri.
“ Neng nggak apa-apa? “ Tanya mamah lembut. Aku mengangguk. Aku yakin, tampangku tidak meyakinkan. Hanya aku dan Tuhan yang tahu perasaanku.
“ Ya, udah. Kamu istirahat. Kamu kena tipus sayang “ kata mamah.
Litha dan aku saling memandang. “ Aku tipus? “ tanyaku tak percaya.
“ Iya.. “ mamah tersenyum menenangkan. “ Kamu nggak apa-apa sayang. Tinggal banyakin istirahat “
“ Ya, udah. Sayang aku pulang ya. Besok, aku kesini lagi “. Litha memegang tanganku. Aku mengangguk.
“ Mamah, mau bayar administrasi dulu. “ kata mamah kemudian.
Aku sendiri, ditinggal mereka. Tanpa terasa air mataku turun lagi. Satu kali aku gagal, masuk BIOS dan sekarang nem-ku? Dibawah rata-rata!
Aku berusaha mencari noteku. Tapi, aku gagal. Dimana mamah menyimpannya? Mamah tahu, aku tak pernah bisa menjauh dari noteku.
Tidak lama kemudian, Mamah datang, “ Nyari apa, Neng? “
“ Note, Mah! “
Mamah mengeluarkan sesuatu dari tasnya. “ Note kamu udah penuh. Ini mamah kasih yang baru. Mamah mau pulang, nanti ayah yang nemenin kamu disini. “ kata mamah sambil memberikan note warna ungu merah itu.
Aku mengangguk. Tak menjawab. Mamah mencium keningku lembut. Beliau pergi, dengan menutup pintu amat pelan. “ Terimakasih, Mamah. Karena, mamah telah mau jadi Ibuku “ bisikku bersama angin.
Aku terjaga bersama note itu. Tak tahu. Rasanya tanganku beku dan kaku untuk menuangkan kata-kata. Aku merasa buntu. Tak ada inspirasi sama sekali!
Berapa Mimpi, Cinta dan Harapan itu gagal?…

Berapa kali Tuhan, aku akan gagal?
Berapa kali Tuhan, aku akan terjatuh?
Berapa kali Tuhan, aku akan patah arang?
Berapa kali Tuhan, badai itu akan memakiku?
Aku tahu, tak ada yang mampu mengalahkan kekuatanMu.
Namun, penaku tak cukup mampu mengatasi kekalahanku..
Tanganku terlalu bisu dan kaku untuk mengawalku,
Aku hilang, tanpa arah...
Jatuh, menangis, patah, bisu!
Berapa kali mimpiku akan terbengkalai?
Berapa kali cintaku, hanya sebelah hati?
Berapa kali harapanku, semu seperti mimpiku?
Berapa kali aku harus jatuh? Bangun? Jatuh? Lalu bangkit?
Terhempas lagi? Kalah lagi? Tegar? Lalu kalah lagi? Akhirnya ?
Aku kuat juga, Tuhan…
Tuhan, jangan buat mimpiku kosong…
Jangan buat cintaku palsu,
Jangan buat harapan yang akan ada itu, semu…!!
Terus buat aku jatuh, terus buat aku dicaci kekalahan,
Biar aku tegar, biar aku kuat.. biar aku tak cengeng lagi…!!
Ayo Tuhan, aku menunggu..
Tapi, jaga cintaku, pelihara ia…
Jaga ingatannya untukku.. agar mimpi, cinta dan harapan itu lebih indah,
Saat ia disampingku, nanti…*Juni-2009



Sudah tiga hari sejak kepulanganku ke rumah. Tidak ada sesuatu yang berkesan. Bangun, diam dalam selimut, menangis, tidak makan, hanya terdiam. Itulah yang aku lakukan dari tiga hari kemarin.
Aku benar-benar kaget, mendapati nilaiku yang begitu anjlok. 6.00 untuk Bahasa Inggris, 5.25 untuk Matematika, 9.00 untuk Bahasa Indonesia dan 6.50 untuk IPA! Sebuah nilai yang amat memalukan! Aku benar-benar tidak bisa terima. Selalu masuk 3 besar selama aku bersekolah, selalu dalam kelas unggulan. Sering mengikuti lomba, sampai provinsi pula. Aku hanya mendapatkan 26.75 atas hasil kerja kerasku selama tiga tahun? Lihat si A, nemnya 30.75 padahala ia bukan kelas unggulan, lihat si B nemnya 32.00 padahal ia tak pernah masuk peringkat kelas, tunggu si E memiliki nem 35.05, sedangkan ia tak pernah mengikuti lomba! Bullshit! Aku tahu, pasti ada kesalahan!!
Aku menangis lagi, menyesali. Dimana letak kesalahanku? SMANSA tidak menerima kehadiranku, SMANDA menolak nemku mentah-mentah! Hei, tunggu kalian tahu aku sangat ingin masuk SMANTI sebagai sekolah cadangan selain BIOS! Aku dilempar jauh-jauh, padahal ayah sendiri yang sudah mengusahakannya.
Selama tiga hari-tiga malam aku hanya menangis. Aku melihat seleksi masuk BIOS, sudah 200 besar. Dan nama itu? Ia urutan 79 sekarang! Dan dia masuk 200 besar! Aku benar-benar down. Tak tahu harus berkata apa.
Teman-teman yang datang, aku anggap angin. Orang tuaku, aku angap awan yang hanya sebentar menaungiku. Akhirnya, setelah perdebatan panjang, orang tuaku memasukanku ke MAN. Oh, ya? Lanjutan MTS? Akan dapat aku disana? Bukannya murid per-kelasnya tak pernah lebih dari 30 orang? Dan yang lebih menyebalkan? BAHASA ARAB!
Lalu? Apa yang harus aku lakukan? Terima semua dengan ikhlas, dimana pun tempatnya selama kita bisa menjadi emasnya, lakukanlah ( kata alumni, MTS ).
Aku mulai berhenti menangis dan motor Honda Beat menjadi hadiahnya. Motor yang selama ini aku inginkan. Aku mulai tersenyum. Menatap hari kedepan, aku yakin aku akan dapat MIMPI, CINTA dan HARAPANKU!

“ Mah, neng mah kaget lo. Masa sekolah ada ditengah hutan ya? “
Mamah memandangku, dengan tatapan tak mengerti. “ Tempat sekolah neng yang baru, bikin serem. Takut neng mah “ kataku menjelaskan.
Dan mamah? Seperti biasa, hanya tersenyum. “ Nggak apa-apa kok. Yang penting belajarnya harus lebih digiatkan lagi “
Benar saja, aku menggunakan Longman, Boots English ( grammar, listening, writing dan speaking ). Tanpa sepengetahuan ayah dan mamah, aku melihat nota harga. Memasuki digit enam untuk 16 buku Boots. Aku kaget. Hampir semua buku pelajaranku, menggunakan bilingual.
Aku yakin, orang tuaku sangat mencintaiku. Aku mencintaimu, Mamah dan Ayah.

0 komentar: