BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Selasa, 19 April 2011

My Sweetest…

hasil libur kemariin :D

Aku menatap dari kejauhan senyum itu. Hmm… aku baru melihatnya hari ini. Siapa dia? Setiap aku latihan disini, aku tak pernah bertemu sosok itu. Mengagumkan. Gayanya anggun membius. Ah, berlebihan.
“ Mala…Mala…!! “ suara yang kukenal memanggilku. Anggi.
Aku menoleh. Tersenyum. “ Ada apa? “ tanyaku.
Anggi tampak terengah-engah. Dia memandangku dengan pandangan yang tak bisa aku tebak. Aku memiringkan wajah. “ Ada apa? “ kataku lagi.
“ Dia….!!!? “ Anggi menatap laki-laki yang ada didepanku (dalam lapangan). “ Why? You make me crazy, Anggi!! What happened? “ aku mencebik.
“ Cowo itu… “ Anggi seperti terhipnotis. Ya, aku menunggu jawaban Anggi yang lebih panjang. “ Lelaki itu kenapa? Biasa aja! “ kataku gemas.
“ Mala sayang, cowo itu atlet “ jawab Anggi.
“ So? “ balasku sambil mengangkat bahu, tak mau terlalu terlihat perduli, padahal jantungku sudah berdebar sangat kencang.
“ Oh, ya sudah. Aku kira kamu akan tertarik. Nyatanya? Biasa aja. Ih, bikin aku gondok aja deh kamu “ Anggi melangkah menjauh pergi.
“ Hu… baru segitu aja udah marah “ ucapku sebal.
Anggi membalikan badannya. Senyum gemas yang aku suka itu terbentuk dari sudut-sudut bibirnya. Dia menghampiriku lagi.
“ Mala sayang, ini udah 3 tahun lo. Kamu mau tetep kaya gini? “ Deg, ucapan Anggi langsung menembus ulu hatiku. Yoga. Satu nama itu yang terlintas dalam hatiku. Aku menggeleng. “ Aku kuat kok. Kamu nggak usah defensif gitu ah, “ kataku mengalihkan padangan.
Anggi masih memandangku. “ Udah berapa puluh cowok yang kamu tolak si, hon? “ Anggi mengambil nafas. Aku kembali menggeleng. “ Kamu, harus bisa buka lembaran baru “
Aku hanya terdiam. Bingung. Sejak kepergiannya, aku seolah tak bisa membuka hatiku untuk siapa pun. Padahal kejadiannya sudah 3 tahun yang lalu. Umurku saja sudah 18 tahun. Tapi, lihat keadaanku. Aku bangkit, latihanku cukup hari ini. Lelah rasanya.
Tiba-tiba…
BRUK…. “ Aduh… “ tas ranselku terjatuh.
“ Hei, hati-hati dong… “ suaranya terdengar ketus. Anggi tidak membantu. Malah berdiri mematung disampingku, ugh. Siapa sih yang aku tabrak?
“ Maaf, kataku sambil memungut ranselku. “ aku bangun untuk melihat orang yang aku tabrak. Deg, mata itu? Mata coklat dengan bulu mata terangkai rapih. Mata itu… mata…
Aku terdiam, sama seperti Anggi membisu. “ Haloooo “ tiba-tiba sebuah tangan melambai didepan mataku. Tangannya. Atlet itu. Atlet yang tak aku ketahui namanya.
“ Eh, iya. Maaf “ kataku sambil berlalu. Tak kuat lama-lama berada didekatnya. Matanya-aku tak kuat melihat matanya. Ada sesuatu yang, ah.. matanya sama dengan mata yang dulu aku cinta. Aku tak boleh begini.
>>>
Aku berlari cukup kencang, pasti hari ini aku akan telat lagi. Ah, parah. Bagaimana ini? Aku berlari cukup kencang, namun aku terjatuh. Kakiku terasa kram. Aku tak bisa bangun. Bagaimana ini.
“ Duh…. “ kataku mengeluh.
“ Kamu…? “ suara berat itu menghampiriku. Aku menoleh. Laki-laki yang kemarin aku tabrak.
“ Kenapa? Butuh bantuan “ tanyanya lagi.
Aduh, bagaimana ini. Aku hanya menggeleng lemah. Kakiku terasa sangat kaku. Duh, Tuhan kenapa harus dia?
Akhirnya, laki-laki yang aku tidak ketahui namanya itu membawaku kedalam UKS. Semua tatapan sepertinya tumpah ruah dalam diriku. Aduh, berasa jadi artis saya!
“ Kamu kenapa? “ suaranya lebih lembut saat aku mendengarkan.
Aku terdiam. Memandangnya membuatku semakin tak percaya. Aduh gila, bahaya. Bagaimana aku bisa melihat sosok indah, selain sosok yang pernah aku temui.
Siapa sebenarnya dia, kamu?
“ Hei, nona muda? Ada apa? “ tanyanya lagi.
“ Eh, oh. Never mind “ kataku gugup.
“ Oh, aku kira sarafmu ada yang konslet. Hehe “ tawanya seperti denting lonceng.
“ Aku… “ kataku kembali terdiam.
“ Nama kamu? “ kataku melanjutkan. Si laki-laki tampak terkejut.
“ Oh, hahaha. Jadi kau ingin berkenalan denganku? “ Ya Tuhan, kekasihku tak pernah senarsis ini. Aku mengangguk kecil.
“ Yogi “ katanya singkat.
Aku menatapnya dalam-dalam. Ada banyak persamaan yang aku lihat. Senyumnya, matanya, cara dia tertawa semuanya.
“ Kenapa lagi? “ tanyanya. Dia mengaku namanya Yogi. Aku buru-buru menggerakan kepala.
“ Aneh “ Ia mendesah. Hei, aku mendengarnya tahu.
Kakiku mulai agak baikan, saat aku berjalan. “ Tunggu. Udah siap masuk kelas? “ aku menoleh tak percaya.
“ Maksudmu? “ tanyaku.
“ Aku hanya bertanya “ Yogi mengangkat bahu.
“ Aku atlet renang okay “ kataku sambil berusaha berdiri.
“ Dan aku atlet basket, jadi.. kita sama dong “ katanya sambil tersenyum miring. Aduh, ya Tuhan senyumnya. Mirip sekali.
“ Ya sudah, aku harus berlatih. “ kataku sambil mengangkat bahu dan berjalan tertatih. “ Kamu keras kepala. Masih sakit juga. “ komentarnya sambil mengeluh.
“ Iiiihh…. “ jawabku gemas. Tiba-tiba dia memegang pipiku. Aku kaget. “ Aku harus melindungimu tahu “ ucapnya dingin dan berlalu bagai hembusan angin. Begitu saja.
Aku terdiam. Ha? Apa yang baru saja dikatakannya?
Aku berjalan tertatih, Anggi menghampiriku saat aku berhenti disebuah pohon besar. “ Kamu…kamu, tadi di tolong sama Yogi, right? “ tanyanya penuh selidik.
Aku terdiam, menggeleng dan “ Hueeekkkk…. “ aku muntah.
Anggi tampak terlihat kaget, “ Ma…la… kamu… “ Ugh. “ Stop “ kataku. “ I’m fine. Masuk angin tau!!! “ kataku sembari mengelap bibirku.
“ Oh, aku kira kamu hamil sama Yogi “
Kepalaku tiba-tiba pusing. “ Udah, jangan ngomongin cowo nggak jelas itu lagi “ kataku terakhir.
>>>
Sudah hampir tiga bulan sejak kejadian kakiku kram itu. Hubunganku dengan Yogi, terkadang membaik dan terkadang memburuk. Aku aneh, pada dirinya. Mungkin dia memiliki kepribadian ganda. Kadang ia menolongku dengan sukarela, namun terkadang dengan raut wajah menyebalkan.
Satu lagi, masa dia harus satu kampus denganku. Dan juga satu jurusan. Menyebalkan. Meskipun tampaknya ia tidak senang, ada rasa puas dalam matanya yang diam-diam menjadikan hatiku hangat. Entah mengapa.
“ Auw…. “ aku jatuh terjerembab. “ Ayo bangun. “ suara itu lagi.
Aku tak perlu menatapnya lagi, aku sudah tau siapa yang berbicara. Yogi. “ Kayanya aku memang tak bisa meninggalkanmu sendiri, bukan? Sepertinya, setiap waktu aku harus ada disampingmu “
“ Ouuh, hush! “ jawabku galak. “ Aku nggak butuh baby sitter oke! “ balasku sambil berusaha bangun. Tapi, gagal.
“ Sini, gua bantu. Miss Candle kaya lu emang harus ditolongin “. Apa? Miss Candle? Panggilan itu? Aku diam saja waktu tangan-tangan kekar itu berusaha menaikan aku ketubuhnya. Kaya anak kecil. Persis seperti apa yang pernah dilakukan Yoga, setiap kali aku terjatuh.
Sejak kecil aku sepertinya tidak punya keseimbangan yang baik, sering kali terjatuh dan yah beginilah. Harus ada orang sabar yang bisa melindungiku setiap waktu. Dialah Yoga, yang selalu melindungiku sepanjang waktu. Sebelum, kejadian menyeramkan itu menimpaku dan Yoga pastinya.
Yogi membopongku perlahan, setelah beberapa kali dia menolongku, aku baru sadar harumnya begitu lembut, seperti kepunyaan Yoga.
Semakin dilihat dia semakin mirip. Seperti kembar.
“ Oke, sepertinya semakin kemari kau semakin berat saja! “ kata Yogi mengeluh.
“ Aku tak pernah memintamu menolongku “ jawabku ketus.
Yogi membalikan badan, memandangku. Aku sudah tahu, bukan mau menciumku. Tapi,
“Aku harus melindungimu tahu “ kata-kata itu yang selalu terlontar. “ Ini janjiku, “ lanjutnya. Aku terdiam. Berusaha mencerna.
“ Maksudmu… “ saat aku berbicara dia sudah membuka pintu ruang UKS dan tersenyum sambil berlalu. Indah sekali.
“ Yogi. Yogi Alfera “ aku rasakan sudut bibirku tertarik dan hatiku menghangat. “ Aku akan lebih berhati-hati, seperti yang kau mau “ bisikku tertahan.
>>>
“ Kamu, pacaran ya sama Yogi? “ Glek… aku langsung menelang basoku tanpa dikunyah. Aku buru-buru minum teh botol yang ada didepanku.
“ Apaan sih kamu? Kok nanyanya kaya gitu sih? “
“ Abis, tiap kali kamu kehilangan keseimbangan Master Cute itu selalu ada buat kamu. Mm… dari total 27 kali dalam tiga bulan ini kamu kehilangan keseimbangan baru ya, sekitar dua kali dia nggak ada.. “ Ucap Anggi sambil menghitung-hitung.
Ugh, sepertinya Anggi sangat menyenangi hobby barunya menghitung keseimbanganku. Ayolah, aku hanya sering terjerembab, keserimpet atau apalah namanya, oh tersandung.
“ Jawaaabbbbb… Mala sayang….. “ Anggi menarik sendokku dengan gemas. Aku meliriknya dengan tatapan tajam. “ No comment “
Anngi tampak kecewa. Aduh, maaf sayang. Aku pun bingung.
>>>
Aku membalikan badanku kekiri dan kekanan. Tak bisa tidur aku. Bayangan Yoga dan Yogi terus menggelayutiku, ada beberapa hal yang tak masuk akal untukku. Aku akhirnya bangun dan membuka laptopku. Masih foto aku dan Yoga diwalpapernya. Sshh… sakit hatiku. Apa kabar kamu disana sayangku?
Aku mencari satu nama dideretan pertemanan facebookku. Tidak ada nama Yogi Alfera. Hmm… aku mengehembuskan nafas.
Tapi, tunggu. Ada satu nama Yogi Alfera Setiawan. Bersama seorang wanita. Aku langsung membukanya. Iya, dia adalah Yogi. Yogi yang selama ini menolongku, tapi dengan wanita. Wanita cantik disebelahnya. Siapa? Hatiku tiba-tiba berkerut. Ada rasa pedih, tapi? Apa ini cemburu. Aku tak pernah merasakan cemburu, bersama Yoga sekalipun.
Aku membuka satu persatu album fotonya. Kebanyakan gadis dan jejaka berseragam SMU sepertinya mereka pacaran. Yogi SMA sangat mirip dengan Yoga. Sungguh, fotoku dan Yoga hampir sama dengan foto-foto yang sedang aku lihat. Tunggu, kalung yang digunakan Yogi. Aku buru-buru membuka laci paling bawah. Kotak itu tampak bergemilau terkena cahaya kamar yang redup-redup.
Bergetar aku membuka kotak kecil itu, benda hitam didalamnya tampak samar-samar. Aku memegangnya. Kalung itu sama seperti yang Yogi pakai, panjang hitam pekat seperti marmer namun, begitu ringan. Aku memerhatikannya. Baru kali ini aku memerhatikannya. Sejak Yoga menitipkannya, aku tak pernah memakainya.
Ada goresan samar disana, bukan didepan tapi dibelakang kalung itu.


Yogi & Yoga our sweetest.
Maksudnya? Aku masih tak mengerti. Aku kembali menatap goresan samar-samar itu. Nama panjang Yoga adalah Yoga Adhidarma Setiadi bukan Setiawan. Tapi, mereka memang sama. Terlalu banyak kesamaannya.
Aku bergegas membuka-buka catatan tentang Yoga dan Yogi. Yoga lahir di Malang tanggal 18 Oktober Yogi pun sama lahir di Malang, 18 Oktober tahunnya pun sama 1992. Aku melengos, jantungku berdegup cepat.
Mungkinkah…?? Ah, kemungkinannya sangat besar. Ya, kenapa aku baru menyadarinya? Yoga dan Yogi, KEMBAR!!
>>>
Aku melangkah terburu-buru. Aku harus bertemu dengan Yogi. Aku harus menemuinya, aku harus bertanya ada apa ini sebenarnya. Aku, ya aku harus bertanya padanya.
Sepi, kampusku kelewat sepi. Aku bergegas menuju kelas. Sama sepi, saat aku akan berbalik arah sosok yang aku kenali tampak duduk dibangkuku. Tangannya menggenggam sesuatu.
“ Yo…gi… “ bisikku tertahan. Sosok itu tampak memejamkan matanya. Ingin rasanya aku mengelus permukaan lembut itu. Seperti kepunyaan Yoga.
Yogi membuka matanya perlahan. “ Kau sudah tau ya? “ bisiknya tak kalah lembut. “ Aku…”
“ Orang tuaku dan Yoga bercerai beberapa tahun setelah kami dilahirkan. Yoga, ikut Mamah ke Jakarta dan aku tetap di Malang bersama Ayah. Yoga adikku, adik yang tak pernah aku temui, namun ikatan batin kami kuat. Mungkin, karena kami kembar identik. Aku tak pernah bertemu dengannya sejak kami dipisahkan paksa oleh orang tua kami sendiri. Ia, sering bercerita ada seorang gadis bernama Mala mencuri hatinya “ Deg, itu aku.
“ Tanpa sepengetahuan orang tua kami, kami sering bertukar cerita melalui surat-surat yang jumlahnya puluhan. Aku pun sering bercerita tentang Amalia, gadis yang dua tahun lalu meninggalkanku karena leukimia “ Aku terhenyak.
“ Jadi…be..nar kau kembaran Yoga? “ tanyaku masih tak percaya. “ Tujuan..mu..? apa tujuanmu ke Jakarta? “ banyak pertanyaan yang menggoyang fikiranku.
Hmm…. Yogi menarik nafas panjang. “ Dua hari sebelum mobil bus yang kalian tumpangi kecelakaan dan terbalik, aku dan Yoga saling berkomunikasi. Entah mengapa suaranya terdengar sangat gembira. Ceria dan tak bernoda sedikit pun, tapi ia menitipkan dirimu padaku. Aku tak mengerti. Saat kejadian itu berlangsung, sebagian nyawaku seperti ada yang menarik pedih dan sakit sekali rasanya “ keringat dingin tampak bermunculan di kening Yogi. “ Kemudian, Ayah memberitahukan kepadaku bahwa Yoga meninggal dan Mamah terdengar shock “
Aku hanya mampu terdiam, itu peristiwa tiga tahun yang lalu. “ Jadi, “ kataku lagi. “ Sebelum meninggal Yoga menitipkanmu padaku. Begitu pula dengan Amalia. Ya, Amalia kekasihku. Aku tak pernah bisa berbohong kepadanya, termasuk tentang amanat dari Yoga. Jadi, inilah aku. Yogi Alfera Setiawan, kau mau tau mengapa nama Yoga bernama belakang Setiawan. Karena, ayah tiri Yoga bernama Rahmadi Setiadi “ Oh, aku baru mengerti.
“ Aku kesini untuk menjalankan amanat Yoga. Baru aku menyadari, bahwa kau, aku, Yoga dan Amalia merupakan satu lingkaran kuat. Saat aku pertama kali melihatmu, kau sangat mirip dengan Amalia, dari caramu bicara, dari caramu bergerak, nyaris bagaikan embun yang menyejukan “ aku rasakan pipiku memerah.
“ Tapi, jika kau tak … “ aku buru-buru memotong ucapannya.
“ Aku senang kau berada disini “ kataku, senyumku tertahan.
“ Tapi, aku bukan Amalia “ lanjutku sambil mengangkat bahu, “ Dan aku pun bukan Yoga. Umh, harus kuakui Yoga bukan atlet basket yang hebat. Dia hanya pemain sepeda gunung “ kata Yogi sambil menahan tawa.
Sejenak semua terdiam tenggelam dalam fikiran masing-masing, aku terdiam mengenang kejadian beberapa tahun lalu, saat aku dan Yoga berniat ke Malang. Sayangnya, mobil yang kami tumpangi tergelincir dan jatuh terbalik.
“ Eng…. “ kami sama-sama hendak berbicara, rasanya canggung. “ Kamu dulu, “ Kata Yogi menatap senyumku.
“ Aku… bingung “ mata Yogi menatapku, tak mengerti penuh tanya.
“ Ya sudah, jalani semuanya dengan tenang. Tak usah terburu-buru. Miss Candle “ senyum Yogi sungguh menggodaku. “ Kau tahu panggilanku? “
“ Yoga selalu bercerita tentangmu padaku, aku tahu semua tentangmu “ hatiku menghangat. Terimakasih Yoga, untuk malaikatmu.
Yogi menghampiriku, meyentuh pipiku lembut. “ Welcome in my heart, sweetest “ bisiknya. Aku tergelitik. “ Thank you “ kataku.
“ Aku baru tahu, ternyata Yoga memiliki mutiara yang sangat cantik “ Yogi menggenggam tanganku dan saat dilepaskan gelang bling-bling itu sudah menempel di lenganku.
“ Cantiknya… bagaimana kau melakukannya “
“ Selalu ada cara yang istimewa untuk orang istimewa juga “ balas Yogi sambil mengerlingkan matanya.
“ Aku akan menjagamu, Mala. Aku akan ada disampingmu. Aku janji “
“ I believe it “






Ya Allah, aku berharap suatu saat ia akan datang kepadaku, menghargai semua kekuranganku dan mencintaiku kelebihanku yang tak sempurna :D Amiin :)
3.56 PM
@18.04.11

0 komentar: